Rabu, 16 September 2009

Tidak Rasional, Asupan Vitamin C Saat Radang Tenggorokan

Kita sering dibombardir dengan iklan aneka ragam produk vitamin. Yang paling banyak adalah vitamin C. Seolah-olah dengan mengonsumsi vitamin C maka semua penyakit akan beres dengan sendirinya.

Publik kerap salah kaprah bahwa vitamin C bahkan bisa membuat kita kebal terhadap bermacam penyakit. Anggapan keliru itu sekrap membuat orang mengonsumsi vitamin C secara berlebihan padahal manfaatnya belum pasti didapat.

Tidak Rasional

Contohnya saja anggapan bahwa sakit radang tenggorokan bisa disembuhkan dengan vitamin C. Sebuah riset terbaru membuktikan bahwa vitamin C sama sekali tidak memberi pengaruh apapun pada kasus radang tenggorokan.

Sebuah review di Cochrane bertajuk Vitamin C for Preventing and Treating the Common Cold kembali menegaskan bahwa penggunaan vitamin C tidaklah rasional dalam kondisi sakit tertentu.
Penyakit common cold yang dikenal juga dengan radang tenggorokan atau infeksi saluran pernapasan bagian atas (kode J00 menurut ICD-10, 460 menurut ICD-9-CM; kode klasifikasi penyakit secara internasional). Penyakit ini sering ditandai dengan keluhan meriang, nyeri menelan, sakit kepala, pusing, pilek, batuk, tidak enak badan,dan e. Keluhan sering disebabkan oleh virus dan umumnya dapat sembuh sendiri. Tidak perlu antibiotika. Cukup istirahat dan tingkatkan daya tahan tubuh dengan makan dan minum yang bergizi.
Vitamin C yang dikenal juga dengan sebutan asam askorbat, walaupun tetap kontroversi, mungkin masih sering digunakan sebagai suplementasi untuk mencegah dan mengobati radang tenggorokan. Penelitian di Cochrane ini menegaskan bahwa suplementasi vitamin C tidak menunjukkan penurunan kejadian radang tenggorokan, baik pada lamanya sakit maupun tingkat keparahan.

Jadi dosis tinggi untuk pencegahan dan pengobatan yang mungkin masih rutin dianjurkan itu tidak rasional jika diterapkan pada komunitas umum. Tapi mungkin masih bermanfaat bagi pelaku aktivitas fisik yang berat.
Nah, sekarang jangan terlalu banyak menenggak vitamin C di saat terkena radang tenggorokan. Nanti justru terkena radang “kantong kering” akibat uangnya dihabiskan membeli vitamin C.

- 30 Juli 2007


Sumber :

Dani Iswara

http://netsains.com/2007/07/tidak-rasional-asupan-vitamin-c-saat-radang-tenggorokan/

17 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar