Rabu, 16 September 2009

Vitamin C Cegah Penyakit Asam Urat


Vitamin C ternyata tak hanya penting untuk menjaga stamina tubuh. Penelitian terbaru membuktikan para pria dengan tingkat asupan vitamin C lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah terserang penyakit asam urat atau gout dibanding yang kurang mengkonsumsi vitamin ini. Gout adalah salah satu bentuk penyakit artritis yang terjadi dari asam urat yang mengumpul dan menyebabkan radang sendi, demikian hasil penelitian para ahli Senin kemarin.


“Asupan vitamin C mungkin bisa menjadi pilihan berguna untuk mencegah asam urat, “ kata Dr. Hyon Choi mewakili para koleganya di University of British Columbia di Vancouver di laporan tertulisnya dalam Archives of Internal Medicine. Pengidap asam urat umumnya dalah pria berusia 40 tahun keatas, meski dalam beberapa kasus juga menyerang perempuan.


Gout bisa mengakibatkan kerusakan sendi permanen. Berbagai perilaku yang dihubungkan dengan penyakit ini diantaranya kecanduan alkohol, obesitas, tekanan darah tinggi, dan terlalu banyak konsumsi daging dan keju. Dalam pengamatan terhadap 47 ribu orang pria Amerika Serikat dari tahun 1986 sampai 2006, terbukti tiap 500 miligram pertambahan vitamin C tiap hari, menghasilkan 17 persen penurunan risiko gout.


Satu butir jeruk memiliki 70 miligram vitamin C. Konsentrasi yang paling banyak ada pada suplemen vitamin C dalam bentuk pil. Dantara para pria yang diteliti yang mengkonsumsi 1500 mg suplemen vitamin C tiap hari, risiko goutnya lebih rendah hingga 45 persen, dibanding yang mengkonsumsi kurang dari 250 miligram sehari. (Reuters)

- 10 Maret 2009


Sumber :

http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2009/03/10/brk,20090310-163932,id.html

17 September 2009

Sumber Gambar:

http://www.becomehealthynow.com/glossary/images/vitc_bh.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar